Absen Online Siswa

PERINGATAN HARI PAHLAWAN

Hari pahlawan tanggal 10 November dirayakan di SMP Negeri 1 Wonoayu. Berbeda dengan tahun 2022, tahun 2023 mengusung tema perlombaan antar kelas. Perlombaan yang disediakan ada lomba baca puisi, fashion show, fotografi, dan cerdas cermat. Acara yang diselenggarakan sangat meriah. Selain, perlombaan dalam peringatan hari pahlawan juga ada dresscode siswa yang harus menggunakan baju pahlawan. Dresscode  ini menambah semarak serunya lomba peringatan hari pahlawan.

Dalam fashion show para siswa banyak mengusung tema Patimura dan Maria juga Habibie dan Ainun. Dikarenakan pemilihan baju yang mudah dicari dan filosofi dari dua pasangan tersebut sangat unik. Ajang Fashion show juga dimeriahkan oleh ikut sertanya bapak/ibu guru untuk berlaga di karpet merah. Pembacaan puisi juga sangat bagus, peserta sangat menggebu-gebu membawakan puisi yang dibaca. Lomba fotografi juga antusias terlihat dari anak-anak yang sudah siap sedia mengambil gambar ketika gambar tersebut terlihat menarik. Untuk ajang cerdas cermat dilakukan sebanyak tiga sesi. Sesi pertama dipimpin oleh Bu Yureta, sesi kedua dipimpin oleh Bu Okky dan sesi terakhir dipimpin oleh Bu Yestian. Peringatan hari pahlawan dilaksanakan pada tanggal 10 November 2023.

SPENIWA SABET 2 PIALA DALAM AJANG FESTIVAL LITERASI SIDOARJO (FLS) 2023

SMP Negeri 1 Wonoayu berhasil meraih 2 piala dalam ajang Festival Literasi Sidoarjo (FLS) dengan kategori konten terbaik dari setiap siswa SMP. Piala tersebut dipegang oleh Delima dan Nadya sebagai perwakilan tiap kelompok. Dari bulan Mei-Agustus 2023 pembuatan konten untuk Festival Literasi Sidoarjo (FLS) mulai dibuat. Dari pembuatan kelompok, workshop pembuatan konten, pengumpulan ide, editing dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh siswa. Delima dan kawan-kawan mengusung konten “Sekolah Pemikat” dengan menjelaskan bagaimana pembelajaran dan aktifitas warga SMP Negeri 1 Wonoayu setiap semester. Sedangkan, Nadya dan kawan-kawan mengusung konten “Otomatisasi Penyiram taman” dengan menjelaskan temuan baru atau robot yang bisa digunakan untuk menyiram taman.

ASESMEN KONSTEKSTUAL BERBASIS EKSPLORASI KEARIFAN LOKAL SIDOARJO OLEH KELAS 8 DAN 9

Asesmen akhir ganjil yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Wonoayu di tahun pelajaran 2023/2024 sangat unik. Kelas 8 dan 9 mencari data untuk asesmen akhir ganjil di Sidoarjo. Sedangkan, kelas 7 melakukan asesmen akhir ganjil tetap berada di dalam kelas. Hal tersebut dilakukan demi mewujudkan karakter kurikulum merdeka yang berwawasan lingkungan. Juga dikarenakan banyak siswa di SMP Negeri 1 Wonoayu hanya sekadar mengetahui saja bukan mengerti asal usul tempat tersebut. Sehingga, pada tanggal 28 s/d 29 November 2023 asesmen kontekstual berbasis kearifan lokal sidoarjo oleh kelas 8 dan 9 dilaksanakan. Kendaraan disiapkan oleh pihak SMP Negeri 1 Wonoayu sejumlah 15 kendaraan. Kendaraan tersebut meliputi elf dan “kukuruyuk” odong-odong. Anak-anak terlihat antusias dan senang. Tempat yang dikunjungi meliputi 2 tempat di kecamatan Wonoayu dan 2 tempat di kecamatan sidoarjo. Tempat di kecamatan Wonoayu meliputi candi Dermo dan tugu Peluru. Tempat di kecamatan Sidoarjo meliputi MPU Tantular dan pemakaman KH. Ali Mas’ud.

Sebelum berangkat, anak-anak melakukan absensi oleh pendamping masing-masing kendaraan. Kendaraan 1-9 berangkat terlebih dahulu dikarenakan, kurangnya lahan parkir di beberapa tempat. Sedangkan, kendaraan 10-15 menyusul. Rute pertama di tugu Peluru, Anak-anak mendapat informasi mengenai tugu peluru dari pak Yusuf Shobahi, S.Pd. sebagai guide tour disana. Kemudian, rute selanjutnya di candi Dermo sekitar 15 menit. Guide tour di candi Dermo adalah salah satu alumni dari SMP Negeri 1 Wonoayu. Ia sangat terampil dan cakap dalam menjelaskan pembuatan candi Dermo, kisah dibalik candi Dermo, dan ibadah yang dilakukan di candi Dermo. Warga di sekitar candi Dermo juga menyambut anak-anak dengan ramah dan antusias. Disana juga ada beberapa penjual makanan ringan dan minuman. Setelah menikmati indahnya candi dermo, siswa menuju museum MPU Tantular. Mereka mendapatkan sejarah seputar wilayah sekitar Sidoarjo. Siswa SMP Negeri 1 Wonoayu berada di sana sekitar 1-2 jam. Setelah puas berkeliling, anak-anak diminta Kembali ke kendaraan dan menuju komplek pemakaman KH. Ali Mas’ud. Mereka di sana melakukan doa bersama dan istighosah. Waktu yang diberikan 1-2 jam. Setelah selesai mereka Kembali pulang ke SMP Negeri 1 Wonoayu.

SEMARAK HARI GURU NASIONAL 2023

1000 Bibit Jeruk Dihidupkan di SMP Negeri 1 Wonoayu

1000 Bibit Jeruk Dihidupkan di SMP Negeri 1 Wonoayu

Penanaman bibit jeruk nipis dilakukan di SMP Negeri Wonoayu pada hari selasa, 21 November 2023. Penanaman bibit jeruk nipis ini merupakan serangkaian projek P5 tema gaya hidup berkelanjutan. Penanaman dengan media air ini dilakukan untuk mengurangi tempat untuk menanam pohon dan ramah lingkungan. Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan disampaikan kepada siswa pada senin pagi tanggal 20 November 2023. Pelaksanaan pembibitan jeruk dilakukan oleh kelas 7,8, dan 9. Para siswa terlihat antusias melakukan kegiatan ini. Penanaman ditemani fasilitator-fasilitator per kelas. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WIB dan selesai pukul 11.50 WIB.

Sebelum siswa membuat pembibitan jeruk, siswa diberi perintah untuk melihat cara pembuatan bibit jeruk. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembibitan jeruk yaitu air, cangkang telur, bawang putih, lidah buaya, dan 1 buah jeruk nipis.. Sedangkan alatnya adalah pisau, tusuk gigi, botol minuman bekas ukuran 600 mL. Pertama-tama, buatlah terlebih dahulu cairan sebagai media tanam. Langkah pertama untuk membuat cairan adalah menghaluskan cangkang telur. Kemudian, disusul dengan memotong tipis lidah buaya dan bawnag putih. Setelah itu, campurkan semua bahan-bahan ke dalam air. Lalu, silakan diaduk dan didiamkan selama 30 menit. Setelah cairan siap, buatlah posisi silang di jeruk nipis. Posisi silang digunakan untuk menyangga jeruk agar tidak jatuh ke media tanam. Kemudian, potong botol minuman bekas di bagian tengah. Selanjutnya, masukkan cairan ke dalam botol bekas. Terakhir masukkan jeruk yang sudah ada penyangga serta kaitkan di ujung botol bekas.

Pada hari selasa tanggal 28 November 2023 adalah genap satu minggu pembibitan jeruk. Pembibitan ini merupakan pembibitan baru yang diketahui anak-anak. Pembibitannya cukup menarik karena tidak melibatkan tanah sama sekali. Anak-anak tersenyum lebar berkat karya mereka.

BAZAAR SPENIWA

Salah satu kegiatan hari Jum’at ialah “Jum’at Bazaar”. Kegiatan ini memberikan manfaat bagi siswa-siswa SPENIWA dan juga sangat menyenangkan sehingga sayang jika dilewatkan. Karena hanya pada hari tersebut jajanan dan minuman karya siswa-siswi SPENIWA diperjual belikan. Jajanannya pun banyak varian. Meskipun, beberapa jajanan tidak sengaja sama kelas satu dengan kelas lainnya. Kegiatan bazar di SPENIWA dilaksanakan hari Jum’at 24 Februari 2023 dan dimulai pukul 07.00-08.30 WIB.

Peserta yang mengikuti kegiatan bazaar SPENIWA ini adalah siswa-siswi SPENIWA dari kelas 7 hingga kelas 8 secara bersamaan. Siswa kelas 9 pun ikut dalam kegiatan ini. Namun, siswa kelas 9 hanya diperkenankan untuk membeli dagangan dari para peserta bazaar kelas 7 dan 8.

Susasana pada kegiatan tersebut gembira, menyenangkan, ramai juga ada yang tidak sengaja tertenggor dengan pembeli yang lainnya ketika membeli jajanan. Tetapi, itu tidak mengurangi rasa semangat para siswa dalam memburu makanan favoritnya. Terlihat juga para siswa SPENIWA membeli beraneka ragam makanan dengan senang hati. Terdapat pula banyak varian makanan mulai dari pentol, es, risol mayo, salad buah, maklor, mie, dimsum, dan lain-lain. Harga yang dipatok juga rata-rata dibawah 10.000 rupiah.

Para siswa-siswi SPENIWA yang mengikuti kegiatan bazaar sangat antusias. Bahkan beberapa dari makanan yang dijual di bazaar tersebut sudah habis terjual walaupun bazaar baru saja dimulai. Sebelum hari pelaksanaan, siswa juga mempersiapkan rencana-rencana makanan yang akan dijual. Persiapan juga terlihat dari penggunaan taplak meja untuk menghias meja dagangan. “Harga dari makanan yang dijual terlalu mahal untuk anak SMP seperti saya. Contohnya saja, risol mayo yang biasanya dijual dengan harga 2000 rupiah, sekarang dijual dengan harga 4000 rupiah” Ujar Kinanti, salah satu siswi SPENIWA. 

Bazar tersebut dilakukan untuk melatih keahlian siswa-siswa SPENIWA dalam bidang kewirausahaan. Tujuan dari bazaar tersebut adalah agar siswa-siswi SPENIWA memiliki jiwa yang pantang menyerah, memiliki daya saing, kreatif dan juga inovatif.

SELASA SEHATI (SEHAT DAN BERGIZI)

Pogram SEHATI Speniwa mulai dilaksanakan tanggal 5 September 2023.

SEHATI pertama dilaksanakan dengan anak-anak membawa sayuran dan makan bersama wali kelas masing-masing setelah program literasi. Anak-anak sangat antusias dengan diadaknnya kegiatan selasa sehati tersebut.

“Sangat menyenangkan, karena kebersamaan antar anggota kelas terbentuk dan saling mengingatkan” Elena, 7C

Selain program SEHATI tema membawa sayuran ke sekolah, sehati juga mengajak anak-anak untuk minum susu di sekolah. Untuk susu juga tidak menyusahkan anak harus membawa dari rumah. Susu telah disediakan oleh sekolah.

“Program sehati minum susu bersama sebaiknya dilanjutkan sampai saya lulus. Sehati juga menyenangkan karena bisa mengenyangkan saya” Fanesya Rega, 7C

Sehati juga mengajak anak-anak membawa buah. Dalam membawa buah ini juga sangat bermacam-macam ada yang membawa buah utuh tanpa dipotong. Ada yang membawa buah 1-5 potongan buah, ada juga yang hanya membawa satu pisang sebagai syarat untuk membawa saja. Kendala program sehati ini juga ada yaitu anak-anak yang lupa jika program sehati dilaksanakan. Meskipun terdapat kendala sekolah terus berupaya untuk menanggulanginya dengan cara wali kelas wajib mengingatkan grup kelas  setiap malam senin. Dengan pengingatan wali kelas terhadap siswa juga dapat memberikan manfaat mendekatkan wali kelas dengan anak-anaknya.

“Melalui program sehati menjadikan siswa lebih empati dan tenggang rasa terhadap teman. Seperti membagi makanan dengan teman yang tidak membawa” Bu Yestian guru PP dan Wali kelas 8D

Sulingjar paket C

Sulingjar paket A

Serba-serbi Kegiatan Isra’ Mi’raj 2023

Perayaan  Isra’ Mi’raj dilaksanakan pada hari kamis, 23 Februari 2023 berada di Aula SPENIWA. Acara kali ini berfokus kepada ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan Isra’ Mi’raj. Acara terebut diikuti oleh dewan guru dan staf tata usaha serta para siswa SPENIWA Para siswa menyambut acara ini dengan antusiasme yang luar biasa. Hal tersebut, terlihat dari antusiasme mereka  menyiapkan outfit yang akan dipakai dalam acara tersebut. Ada yang sengaja memakai warna outfit yang senada dan ada juga yang memakai sepatu dengan warna senada.

Isra’ Mi’raj adalah peristiwa besar ketika nabi Muhammad SAW mendapatkan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya, umatnya serta alam semesta. Pengertian Isra’ Mi’raj sendiri merupakan perjalanan nabi Muhammad SAW dari masjidil Haram ke masjidil Al-Aqso, sedangkan Mi’raj adalah perjalanan nabi Muhammad SAW dari masjidil Al-Aqso menuju Sidrotul Muntaha (langit ke tujuh).

Acara Isra’ Mi’raj dimulai pukul 07.00 WIB. Pembukaan  Isra’ Mi’raj dilakukan dengan pembacaan yasin dan istighosah selama 30 menit. Kemudian, disusul dengan sholawat grup banjari dari ekstra SPENIWA sendiri. Acara inti diisi oleh para siswa SPENIWA yang bertalenta di bidangnya. Didalam acara inti ada qira’at, tahfidz, pembacaan puisi, duet ceramah, lagu-lagu islami, dan drama islami.

Pembacaan qira’at dilakukan oleh siswa  VII I bernama Dewi Ariani atau yang sering dipanggil Ria. Pada saat ayat-ayat suci Al-Qur’an dibacakan suara Ria mampu membuat suasana Aula yang tadinya agak gaduh dikarenakan sholawat menjadi hening dan khidmat.  Para siswa seakan terbius oleh suara merdu Ria. Disusul dengan sambung ayat oleh para tahfidz SPENIWA  bernama Fardhan, Hamzi, Cantika, Ria dan Najwa yang tak kalah hebatnya dalam membuat takjub.

Dalam acara Isra’ Mi’raj juga diselingi dengan pelantikan anggota REMAS (Remaja Masjid) . Remas sendiri baru hadir pada saat semester genap. Anggota dan pengurusnya juga cukup banyak. Remas juga terdiri siswa laki-laki dan siswa perempuan. Anggota remas banyak juga yang mengikuti ekstra di bidang islami seperti, banjari dan tahfidz.

Tausiyah mengenai isra’ mi’raj juga dari para siswa yang memenangkan lomba da’i pada acara maulid nabi Muhammad SAW. Duet ceramah tersebut dilakukan dengan cara berduet.Duet tersebut dilakukan oleh siswa yang bernama Shofiyah Al-Choir (7A) dan Almagfira Kenia Suprapto (8H). Judul dari ceramah tersebut adalah Isra’ Mi’raj. Dalam ceramah mereka menceritakan tentang perjalanan nabi Muhammad SAW dalam perjuangan meminta keringanan dari sholat 50 waktu menjadi 5 waktu agar umatnya tidak merasakan keberatan untuk beribadah. Dan ini menunjukkan bahwa betapa rasa kasih maha pencipta Allah SWT kepada hambanya.

 Selain pembacaan lantunan ayat-ayat Al-Qur’an dalam acara tersebut, terdapat juga karya sastra islami siswa SPENIWA seperti, puisi dan drama islami. Pembacaan puisi dibaca oleh Reta dan Farel. Isi dari puisi pun dapat menggetarkan jiwa pendengarnya. Karya sastra islami kedua ialah drama islami. Pada saat drama islami para siswa melihat dan mendengarkan dengan sangat antusias. Hal tersebut terlihat pada saat muncul pertanyaan bisik-bisik “siapa ya yang  bawa memakai putih-putih itu?”, “ih, yang pakai mukenah cowok apa cewek ya?” dan masih banyak lagi. Maksud dari drama islami juga tersampaikan dan dicerna dengan baik oleh para siswa, dewan guru dan staf SPENIWA. Drama islami ini pun ditunjang dengan kostum sesuai peran. Sehingga, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para siswa. Antusiasme juga tampak dari dewan guru yang mengabadikan momen tersebut dan memberikan standing applause atas penampilan drama islami. Pemain dan penulis drama islami dari VIII F dengan Pak Paijan sebagai wali kelas.

Penulis: Tim Jurnalistik

Puncak acara dalam kegiatan ini jatuh pada sholawat grup al banjari pada penampilan kedua. Seluruh siswa yang hadir berdiri dengan membaca sholawat. Mereka juga membawa bendera yang diayunkan sebagai tanda rasa senang dan antusiasme mereka. Selain itu, penggunaan senter handphone juga menambah semarak suasana khidmat dan menyenangkan suasana dalam aula. Setelah penampilan grup al-banjari, disusul juga nyanyian lagu-lagu islami oleh Falisha dan kawan-kawan. Kesiapan Falisha dan kawan-kawan terlihat dari terkonsepnya pakaian-pakaian yang dikenakan.

Pihak pengisi acara bernama Sofyah mengatakan bahwa persiapan ketika sebelum di panggung “rasanya dag-dig-dug, menggunakan teknik menghafal, juga sambung ceramah agar menarik penonton untuk mendengarkan ceramah. Sangat disayangkan, mengenai perubahan jadwal jadi para siswa kurang memerhatikan kami pada saat ceramah dikarenakan suasana agak panas,” ujarnya.

Banyak manfaat dan pelajaran yang dapat dipetik dari peristiwa Isra’ Mi’raj. Dengan acara peringatan ini diharapkan para siswa SPENIWA menjadi generasi yang kaya akan ilmu pengetahuan dan teknologi saja. Namun, sebagai generasi yang rajin beribadah dan religius dalam menyebarkan kebaikan. Juga SPENIWA  senantiasa memfasilitasi para siswa untuk menjadi generasi yang melek akan pengetahuan dan teknologi serta berakhlak mulia.