Materi
CRATCH merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah games dan
simulasi pembelajaran tanpa harus berkutat dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman
yang rumit tersebut diganti dengan tombol tombol yang mudah untuk diaplikasikan secara mudah
dengan memakai konsep blok pemrograman yang dapat di click drag and drop, jadi
pemrogramannya menjadi mirip menyusun blok blok konstruksi LEGO.
SCRATCH mendukung adanya pengaturan dan penambahan suara untuk animasinya, Penambahan
untuk banyak gambar yang mendukung ide cerita sebuah animasi ataupun games. Selain itu aplikasi
ini juga bisa digunakan untuk pembelajaran kepada siswa dalam hal Problem Solving Skills, dan
aktifitas yang memperkenalkan secara dini Logika dan Matematika.
Tutorial akan saya bagi bagi kedalam beberapa tahap dari pengenalan sampai ke tahap pembuatan
sebuah simulasi pembelajaran atau game pendidikan.
Pengenalan Scratch
Pada tahap ini kita akan coba berkenalan dengan bidang kerja dan berbagai macam fungsi serta
kegunaan menu yang disediakan oleh scratch
halaman utama scratch
Ketika membuka program scratch pertama kali kita akan melihat sebuah kucing sebagai contoh
objek pada bidang kerja, dan pada bagian sebelah kiri terdapat tombol yang memvisualisasikan
pemrograman untuk aplikasi ini.
1. Klik Icon control pada blok pemrograman disebelah kiri dan Klik blok “when (gambar
bendera hijau) click”, kemudian drag dan drop blok pemrograman tersebut pada layar editor
pemrograman seperti terlihat pada gambar di bawah. Setiap program yang dibuat dengan
SCRATCH biasanya dijalankan dengan melakukan klik pada “gambar bendera hijau”. Artinya
eksekusi program pada blok pemrograman tersebut akan dijalankan bila gambar bendera
hijau diklik
Note : Control biasanya digunakan untuk perintah yang berhubungan dengan waktu,
seperti kapan, ketika, tunggu, mengulangi waktu
2. Klik icon Motion untuk membuka bagian blok pemrograman Motion, dan klik dan drag
“move 10 steps” pemrograman tersebut pada layar editor pemrograman seperti terlihat
pada gambar di bawah. “move 10 steps” berguna untuk menjalankan obyek atau sprite
sebanyak 10 langkah
Note : Motion biasanya digunakan untuk perintah yang berhubungan dengan
pergerakan, seperti maju, mundur, memutar, pindah.
4. Icon sound
5. Icon sensing
7. Icon Variables
nah, sekarang teman-teman sudah tau apa saja icon yang ada di Scratch dan apa fungsi dari icon-iconnya. Mungkin teman-teman bisa untuk menyusun icon yang ada (seperti puzzel) untuk membuat latar cerita interaktif, animasi maupun game menggunakan program Scratch.
Semoga catatan ini bermanfaat….
Selamat mencoba
Arsip
Kategori
Meta
Pages
- Absensi Rabu
- Absensi Senin
- Baca Tulis Alquran Kelas 7
- Baca Tulis Alquran Kelas 8
- Baca Tulis Alquran Kelas 9
- Bahasa Daerah kelas 7
- Bahasa Daerah kelas 8
- Bahasa Daerah kelas 9
- Bahasa Indonesia Kelas 7
- Bahasa Indonesia Kelas 8
- Bahasa Indonesia Kelas 9
- Bahasa Inggris Kelas 7
- Bahasa Inggris Kelas 8
- Bahasa Inggris Kelas 9
- Berita
- Foto Galeri
- Humas
- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7
- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8
- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9
- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7
- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8
- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9
- indeks Sekolah
- Informatika Kelas 7
- Informatika Kelas 8
- Informatika Kelas 9
- Instrumen
- Instrumen 2
- Kalender Pendidikan
- Kampanye Calon Ketua Osis
- Kegiatan Sekolah
- Kesiswaan
- Kurikulum
- Laporan
- Matematika kelas 7
- Matematika kelas 8
- Matematika kelas 9
- Materi Daring
- OSIS 2021
- Pendidikan Agama Islam Kelas 7
- Pendidikan Agama Islam Kelas 8
- Pendidikan Agama Islam Kelas 9
- Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas 7
- Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas 8
- Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas 9
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 7
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 8
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 9
- Pengenalan kegiatan ektrakurikuler SMP Negeri 1 Wonoayu
- Pengenalan Warga Sekolah
- Perangkat Pembelajaran
- Perangkat Pembelajaran Informatika
- Prakarya Kelas 7
- Prakarya Kelas 8
- Prakarya Kelas 9
- Prestasi Sekolah
- Program Sekolah
- RKAS
- Sambutan Kepala Sekolah
- Sarana Prasarana
- SDM
- Sejarah Sekolah
- Selamat Datang
- Seni Budaya Kelas 7
- Seni Budaya Kelas 8
- Seni Budaya Kelas 9
- Serah Wali
- SOP smpn 1 wonoayu
- Struktur Organisasi
- tes halaman
- Visi dan Misi